Seputar UMS

JOKOWI MEMBERIKAN CERAMAH ILMIAH PADA DIES UMS KE 55

Admin | Sabtu, 26 Oktober 2013 - 14:18:51 WIB | dibaca: 1512 pembaca

Joko Widodo (Jokowi)memberikan ceramah ilmiah dalam puncak hari jadi Universitas MuhammadiyahSurakarta (UMS) Solo ke-55, yang digelar pada Sabtu (26/10), di AuditoriumMohammad Djazman, UMS. 


Orang nomor satu di Jakarta itu tiba di kampus pukul 09.15 WIB, mengenakancelana hitam dan kemeja putih lengan panjang. Jokowi mendapatkan sambutanmeriah dari mahasiswa serta hadirin lainnya. Tak ada pengawalan khusus, Jokowidatang bersama beberapa stafnya dengan menumpang mobil Toyota Avanza warnahijau.


Sekitar setengah jam Jokowi memberikan orasi di hadapan ratusan mahasiswa, dankalangan akademisi. Kepada hadirin, Jokowi lebih banyak bercerita tentangpengalamannya memimpin Ibu Kota ketimbang saat menjadi wali kota Solo.


"Sebenarnya tidak banyak perbedaannya menjadi gubernur dan wali kota.Permasalahan yang dihadapi hampir sama, macet, banjir, permukiman kumuh danlain-lain. Penyelesaian permasalahan tersebut, kita harus fokus," kataJokowi.


Kepada para mahasiswa, Jokowi juga bercerita kalau dirinya tidak suka hal-halyang bersifat protokoler. "Dari dulu semenjak jadi wali kota Solo, sayapaling tidak suka protokoler. Mau ini diatur, mau itu diatur. Peresmian haruspidato, harus pakai pengguntingan pita. Tiga bulan terakhir di Solo diterapkanprotokoler, saya tidak bisa menjalani. Yang seperti itu harus kitahilangkan," tandasnya, disambut tepuk tangan meriah.

Sementara itu para mahasiswa terlihat santai mengikuti orasi Jokowi. Merekamengaku senang dengan apa yang disampaikan oleh suami Iriana tersebut.


"Saya senang mendengarkan pidato Pak Jokowi. Sangat menginspirasi kami,kami jadi semangat. Saya suka semangat beliau, kecerdasan beliau, perludicontoh," ungkap Inggit Prahestiwi, mahasiswi FKIP asal Wonogiri.


Senada dengan Inggit, pernyataan yang sama dikemukakan Tari, mahasiswi FakultasEkonomi. "Jarang ada tokoh seperti beliau. Kecerdasannya,intelektualitasnya sangat menginspirasi kami. Harapannya beliau bisa menjadipresiden nanti. Tokoh seperti dia itu langka, satu berbanding seribumungkin," katanya. (merdeka.com)



Sementara itu, Ketua panitia hari jadi UMS ke-55 Muslich Hartadi Sutantomenjelaskan, kepemimpinan yang diusung oleh Jokowi ini terbilang menarik danlebih ditujukan dekat dengan rakyat. Maka dari itu, pihaknya memilih mantanwali kota Solo ini untuk memberikan orasi ilmiah dalam sidang terbuka hari ini.


"Jokowi itu salah satu role model yang cukup disukai oleh berbagaikalangan di masyarakat. Beliau itu banyak melakukan hal-hal yang menarik, yangbisa menginspirasi kita semua," pungkasnya.

 

 

 




comments powered by Disqus