Seputar UMS

Kemahasiswaan Mengadakan Workshop PKM di Hotel Ramayana

Admin | Sabtu, 14 Juni 2014 - 13:48:12 WIB | dibaca: 2400 pembaca

Bertempat di Hotel Ramayana Solo,Sabtu 14 Juni 2014 berlangsung workshop PKM yang diselenggarakan oleh Kemahasiswaan dengan pembicara Prof. Dr. Jamasri dari Dikti Kemdikbud Jakarta. Diikuti oleh kurang lebih 200 peserta mahasiswa, Dosen dan Wakil Dekan III dari seluruh fakultas di lingkungan UMS acaradi mulai pada pukul 08.00 WIB dipandu oleh Drs. Suharjianto,M.Ag. selaku Kabagmawa. Dalam sambutannya Kabagmawa mengataan bahwa kegiatan semacam workshop PKM ini  sangat penting diadakan karena disamping untuk mengetahui seluk beluk PKM itu sendiri, terlebih dari itu bagaimana kiat atau cara menyusun proposal PKM agar dapat meraih dana dari Dikti.

Dalam paparannya Prof.Jamasri mengatakan bahwa kreatif itu terkait dengan cara berpikir yang divergen, yaitu mampu memberikan alternatif jawaban sebanyak-banyaknya untuk memecahkan suatu masalah. Menjadi kreatif berarti melihat ssesuatu seperti orang lain, tapi memikirkan sesuatu yang berbeda. Cerdas yaitu, suatu kemampuan yang terkait dengan cara berpikir yang konvergen. Mampu memberikan jawaban yang tepat dalam memecahkan masalah, Ia juga memberikan contoh tentang menemukan ide kreatif. Masih menurt Prof. Jamsri bahwa kreatif tidak harus selelu menciptakan atau menemukan sesuatu tapi cukup mengembangkan sesuatu yang sudah ada.

Sesi terakhir ditutup dengan tanya jawab oleh peserta workshop, salah satu peserta dari mahasiswa Fakultas Farmasi menanyakan bahwa dirinya telah membuat proposal dengan  rincian dana sesuai dengan real kegiatan penelitian yang dia lakukan tapi mengapa dana yang turun dari Dikti jauh dibawah harapanya, padahal untuk membeli bahan dan melakukan observasi di laboratrium membutuhkan dana yang relative besar. Prof. Jamasri menanggapi bahwa dalam proses review oleh Dikti ada yang disebut dengan tahapan justifikasi anggaran, disitu dapat terlihat dengan jelas anggaran yang dibelanjakan rasional tidak dengan kegiatannya, factor inilah yang mungkin dialami oleh kebanyakan mahasiswa, diharapkan untuk kedepannya penyusunan PKM harus betul-betul sesuai dengan proses yang telah ditentukan menurut Buku Pedoman PKM yang telah ada, karena kebanyakan mahasiswa mempuyai seribu gagasan kreatif tapii tidak sesuai dengan panduan yang telah ditentukan. Materi Workshop dari Prof. Jamasri dapat diunduh disini atau kalau tidak bisa disini

 




comments powered by Disqus