Seputar UMS

PERFORMING ART UMS DI SOLO CREATIVE EXPO 2013

Admin | Selasa, 10 Desember 2013 - 09:42:02 WIB | dibaca: 1404 pembaca

Memenuhi permintaan dari Panitia Soloraya Creative Expo tahun 2013, Universitas Muhammadiyah Surakarta  mengisi salah satu venue acara di Pura Mangkunegaran berupa performing art  pada malam penutupan, UMS menampilkan tari garapan baru yang  diwakili oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Tari (USF) pada Minggu, 24 November 2013 . 

Kegiatan Soloraya Creative Expo merupakan kegiatan promosi brersama yang menitikberatkan pada gelar potensi bagi produk-produk kreatif unggulan di sektor Industri, perdagangan, jasa, pariwisata maupun investasi se-Soloraya. Dengan keikutsertaan UMS dalam venue ini diharapkan dapat memberikan warna tersendiri disamping sebagai ajang promosi bagi UMS untuk dapat dikenal lebih luas. 

Pementasan yang berdurasi kurang lebih 1 jam ini mengusung tema “dolanan bocah” yang  mencoba mengangkat kembali dolanan-dolanan  bocah yang sudah jarang dan hampir tidak ada peminatnya dijaman seperti sekarang ini. Perkembangan teknologi yang menyebabkan dolanan bocah ini sangat minim peminatnya. Faktor lahan atau tempat untuk memainkannyapun susah ditemukan dengan berdirinya gedung-gedung bertingkat dan bangunan-bangunan yang mengakibatkan tanah lapang mulai susah ditemui. 

Mengemas seni tari, seni musik dan teater dalam satu panggung serta dalam satu pementasan, dibuka dengan penampilan dari para penari perempuan yang menari sekaligus memainkan angklung. Kemudian ada satu penari perempuan yang menari sambil nembang macapat, disini tembang yang akan dibawakan merupakan hasil ciptaan sendiri. Dalam pementasan ini lebih di tonjolkan dolanan-dolanan bocah yang dulu sering dijumpai yakni ampar-ampar pisang, rasa sayange, permainan dakon dan egrang. Beberapa pemain juga berdialog dalam pementasan ini. Musik yang digunakan adalah musik live yang di dominasi alat musik tradisional. 

Sambutan meriah penonton terhadap perform UMS sangat bagus, berkali-kali audience memberikan apresiasi dengan gemuruh tepuk tangan dan menabuh kentongan yang telah disediakan oleh pihak panitia.

 

 

 

 




comments powered by Disqus